Kamis, 20 Oktober 2011

MIRA ANDELIA (14211495) 1EA08 TUGAS IBD BAB 4

MANUSIA DAN CINTA KASIH DALAM ILMU BUDAYA DASAR

CINTA merupakan rasa suka rasa sayang ataupun rasa ketertarikan yang sangat terhadap seseorang. Sedangkan kasih diartikan sebagai rasa cinta, sayang ataupun belas kasihan terhadap seseorang.  Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta, Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluamya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.
Kasih sayang sendiri memiliki arti yang sangat luas (universal) karna kasih sayang tidak hanya diperuntukan untuk pria dan wanita saja yang menjalin kasih tapi juga untuk persahabatan ataupun hubungan persaudaraan seperti kakak adik atau orang tua terhadap anaknya dan sebaliknya. Yang paling ditekankan adalah, kasih sayang berarti  rasa tulus ikhlas untuk memberi daripada menerima dan melalukankan apapun untuk orang yang mereka sayang.
Dengan demikian dapat disimpulkan cinta kasih adalah rasa suka rasa sayang serta rasa belas kasihan terhadap seseorang dalam bentuk perasaan ataupun perbuatan tanpa mengharapkan balasan atau pamrih terhadap yang mereka sayang ataupun mereka kasihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar