MANAJEMEN DAN STRATEGI PENGELOLAAN USAHA
Manajemen usaha atau business
management adalah proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin, staff dan
mengendalikan kegiatan berbagai sumber daya dalam organisasi melalui usaha
manusia sistemik, terkoordinasi dan kooperatif untuk mencapai tujuan
organisasi.
1.
Manajemen usaha – bisnis adalah
beraksi
Ada banyak ungkapan mengenai sukses
dalam dunia bisnis. Beraksi, itulah hal wajib bagi para pengusaha. Jika sudah
melakukan, meski salah, paling tidak kita tahu dimana letak kesalahannya, dari
sinilah kemudian pengusaha itu disebut sebagai manusia pembelajar. Belajar dari
pengalaman, belajar dari kehidupan.
2.
Manajemen usaha – langkah sukses
Ada 4 hal atau langkah-langkah yangt
harus ditempuh bagi calon pengusaha dalam mencapai puncak sukses menurut
William A. Ward, yaitu : perencanaan yang tepat, persiapan yang matang,
pelaksanaan yang baik, dan yang terakhir adalah pantang menyerah.
3.
Manajemen usaha – langkah aksi
Hal-hal yang perlu di manage dalam
usaha adalah :
Perkembangan zaman, rencana
keuangan, dewan penasihat, keseimbangan dan perluas jaringan.
4.
Manajemen usaha untuk administrasi
Manajemen usaha administratif dapat
didefinisikan sebagai fungsi memanfaatkan dan mengelola semua sumber daya yang
tersedia dalam organisasi.
Suatu
hal yang tertulis berisikan misi usaha, usulan usaha, operasional usaha,
rincian strategi dan peluang yang mungkin di raih (pasar). Fungsi dari
perencanaan :
1.
Sebagai pedoman untk mencapai keberhasilan manajemen usaha yang berupa :
* Maksud usaha
* Usulan finansial
* Permintaan dana
*
Cara penggunaan & pembayaran kembali pinjman
2. Sebagai alat untk mengajukan kebutuhan permodalan yang
bersumber dari luar yang berupa :
* Manajemen usaha
* Pemasaran
* Produksi / operasional
* Keuangan perusahaan
Pengelolaan keuangan adalah bagaimana mengusahakan sumber
dana, menggunakan dan mengendalikan dana-dana perusahaan. Ada 3 aspek dalam
pengelolaan keuangan, yaitu :
1.
Sumber-sumber dana/ keuangan perusahaan
2.
Perencanaan dan penggunaan dana
3.
Pengawasan dan pengendalian dana
STRATEGI:
- Berada pertama dipasar dengan produk atau jasa baru
-
Posisikan produk dan jasa baru
tersebut pada relung pasar ( niche market ) yang tidak terlayani
-
Fokuskan barang dan jasa pada relung
yang kecil tetapi bisa bertahan
-
Mengubah karakteristik produk, pasar
atau industri
ATAU STRATEGI LAINNYA :
- Pertahanan Bersaing Mencoba untuk produk yang menjadi “Andalan
Utama Yang Baru” dan tidak berkonsentrasi pada perbaikan keberhasilan produk yang sudah ada Mengambil langkah positif dan proaktif untuk menguasai
manajer kunci ahli teknik profesional yang selalu diikutsertakan dalam
pembentukan keberhasilan perusahaan
-
Perencanaan dan Studi Usaha
Perencanaan dan studi lapangan selalu diperlukan setiap kali kita ingin menjalankan sebuah usaha. Tidak peduli seberapa besar atau kecil sebuah usaha, perencanaan dan studi lapangan adalah sebuah hal yang mutlak. Hal yang sering terjadi adalah kegagalan sebuah usaha karena lemah pada perencanaan dan studi lapangan. Warnet, adalah sebuah usaha yang terlihat sederhana namun kenyataannya mulai dari perencanaan hingga pengelolaan warnet ternyata menuntut konsentrasi yang tinggi dari pelaku usaha warnet.
Studi Lapangan
Yang mana duluan, Perencanaan atau studi lapangan? Saya menyarankan supaya yang dilakukan adalah studi lapangan. Kita mulai dengan lokasi. Kita harus menentukan kriteria sebuah lokasi yang memenuhi syarat sebagai tempat yang sesuai untuk mendirikan sebuah warnet. mis:
Perencanaan dan studi lapangan selalu diperlukan setiap kali kita ingin menjalankan sebuah usaha. Tidak peduli seberapa besar atau kecil sebuah usaha, perencanaan dan studi lapangan adalah sebuah hal yang mutlak. Hal yang sering terjadi adalah kegagalan sebuah usaha karena lemah pada perencanaan dan studi lapangan. Warnet, adalah sebuah usaha yang terlihat sederhana namun kenyataannya mulai dari perencanaan hingga pengelolaan warnet ternyata menuntut konsentrasi yang tinggi dari pelaku usaha warnet.
Studi Lapangan
Yang mana duluan, Perencanaan atau studi lapangan? Saya menyarankan supaya yang dilakukan adalah studi lapangan. Kita mulai dengan lokasi. Kita harus menentukan kriteria sebuah lokasi yang memenuhi syarat sebagai tempat yang sesuai untuk mendirikan sebuah warnet. mis:
- Carilah lokasi yang mudah diakses oleh calon pelanggan anda. Lokasi yang dilewati kendaraan umum atau tidak jauh dari akses kendaraan umum.
- Perhatikan di sekitar lokasi tersebut apakah terdapat komplek pemukiman penduduk, sekolah/universitas, Bank, Perkantoran, mini market. Kemampuan ekonomi adalah faktor yang menentukan. Sebuah lokasi yang terdapat faktor-faktor yang disebutkan di atas menunjukkan potensi sebuah lokasi untuk mendirikan warnet.
- Tersedia tempat parkir minimal bagi mereka yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Jika tersedia tempat untuk parkir mobil akan lebih bagus.
- Bagaimana kondisi lokasi ketika malam hari? Apakah cukup terang? Ingatlah bahwa warnet umumnya beroperasi hingga malam hari, lokasi yang gelap akan membuat warnet anda tidak menarik dikunjungi.
- Cobalah mencari informasi tentang kondisi keamanan lokasi tersebut, jika tingkat keamanan lokasi tersebut rendah kemungkinan anda perlu biaya tambahan untuk faktor keamanan dan biaya asuransi.
Bagaimana jika di lokasi tersebut
sudah ada atau banyak warnet? Jika sudah banyak warnet di lokasi tersebut, maka
sebaiknya carilah lokasi lain. Kecuali warnet yang anda dirikan memiliki sebuah
keunggulan dibanding warnet lain, maka mendirikan sebuah warnet di lokasi dimana
sudah banyak terdapat warnet (bahkan hingga berderet-deret warnet semua)
cenderung akan memancing persaingan yang tidak sehat.
Jika lokasi ideal (atau mendekati ideal) sudah didapatkan, maka kita lanjutkan dengan melakukan perencanaan usaha.
Perencanaan Usaha / Business Plan
Setelah studi lapangan selesai dan sudah terbayang model usaha yang sesuai, maka rencanakanlah besar investasi yang diperlukan, jangka waktu investasi akan kembali, perkiraan besar keuntungan, biaya operasional, tenaga kerja, hingga model promosi. Semuanya harus dengan perencanaan terlebih dahulu.
Rumusan umum dalam melakukan perencanaan usaha adalah sesederhana menghitung biaya investasi (capex), biaya operasional (opex), prediksi penghasilan kotor(bruto) dan bersih (netto), Waktu Titik Impas Investasi (Break Even Point) . Misalkan titik impas direncanakan adalah 2 tahun (=24 bulan) , maka rumusannya adalah sbb:
Bruto – (Opex + (capex/24)) = Netto
disini
Jika lokasi ideal (atau mendekati ideal) sudah didapatkan, maka kita lanjutkan dengan melakukan perencanaan usaha.
Perencanaan Usaha / Business Plan
Setelah studi lapangan selesai dan sudah terbayang model usaha yang sesuai, maka rencanakanlah besar investasi yang diperlukan, jangka waktu investasi akan kembali, perkiraan besar keuntungan, biaya operasional, tenaga kerja, hingga model promosi. Semuanya harus dengan perencanaan terlebih dahulu.
Rumusan umum dalam melakukan perencanaan usaha adalah sesederhana menghitung biaya investasi (capex), biaya operasional (opex), prediksi penghasilan kotor(bruto) dan bersih (netto), Waktu Titik Impas Investasi (Break Even Point) . Misalkan titik impas direncanakan adalah 2 tahun (=24 bulan) , maka rumusannya adalah sbb:
Bruto – (Opex + (capex/24)) = Netto
disini
- Bruto = penghasilan kotor selama 24 bulan
- Opex = biaya operasional bulanan (rata-rata)
- capex = biaya investasi
- netto = penghasilan bersih.
Ada dua pendekatan yang bisa kita gunakan dalam melakukan perencanaan usaha, yaitu berdasarkan nilai investasi atau berdasarkan kapasitas usaha yang diinginkan. Berdasarkan nilai investasi biasanya dilakukan jika modal yang tersedia sudah dipatok pada nilai tertentu. Mis: si A memiliki uang senilai Rp 70 juta dan dia ingin membuat warnet berdasarkan uang yang dimilikinya. Sedang berdasarkan kapasitas, si A merencanakan untuk membuat warnet dengan kapasitas 20 PC di sebuah lokasi yang sesuai dengan keinginannya. Kedua cara ini sah-sah saja digunakan tergantung modal ataupun keinginan anda. Tentu saja, sesuaikan rencana dengan konsep dan pasar yang dituju.
PENGELOLAAN
USAHA
Perencanaan Usaha adalah suatu cetak biru tertulis (blue
print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha,
rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dab
kemampuan serta keterampilan pengelolaannya. Perencanaan usaha mempunyai dua
fungsi penting, yaitu :
- Sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan
- Sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Perencanaan bisnis memuat sejumlah topic, yang
meliputi :
- Ringkasan eksekutif
- Pernyataan misi
- Lingkungan Usaha
- Perencanaan pemasaran
- Tim Manajemen
- Data financial
- Aspek-aspek legal
- Jaminan Asuransi
- Orang-orang penting
- Pemasok
- Risiko
PENGELOLAAN KEUANGAN
Tiga aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan
keuangan :
- Aspek sumber dana
- Aspek rencana & penggunaan dana
- Aspek pengawasan atau pengendalian keuangan.
Sumber-sumber keuangan perusahaan :
- Dana yang berasal dari perusahaan (pembelanjaan internal)
- Penggunaan dana perusahaan
- Penggunaan cadangan
- Penggunaan laba yang tidak dibagi
- Dana yang berasal dari luar perusahaan (pembelanjaan eksternal)
- Dana dari pemilik atau penyertaan.
- Dana yang berasal dari pinjaman, baik jangka panjang atau jangka pendek.
- Dana bantuan program pemerintah dari pusat dan daerah.
- Dana dari teman atau keluarga yang menanamkan modalnya.
- Dana ventura (investasi dana dari perusahaan besar)
Perencanaan Keuangan & Penggunaan dana, hal-hal
yang harus diperhatikan :
- Biaya awal, adalah biaya yang diperlukan ketika perusahaan akan berdiri.
- Proyeksi atau rancangan keuangan meliputi :
- Neraca harian
- Laporan laba rugi
- Laporan arus kas
- Analisa pulang pokok
TEKNIK & STRATEGI PEMASARAN
Pemasaran yaitu kegiatan meneliti kebutuhan &
keinginan konsumen (probe/search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan konsumen(product), menentukan tingkat harga (price),
mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan
produk ke tempat konsumen (place).
Tujuan pemasaran adalah bagaimana barang & jasa
yang dihasilkan disukai, dibutuhkan dan dibeli oleh konsumen.
Perencanaan Pemasaran meliputi beberapa langkah, yaitu
;
- Menentukan kebutuhan & keinginan pelanggan ( dengan melakukan riset pasar).
- Memilih pasar sasaran khusus. Ada 3 jenis pasar sasaran khusus :
- Pasar individual
- Pasar khususSegmentasi pasarMenempatkan strategi pemasaran dalam persaingan. Ada enam strategi pemenuhan permintaan dari lingkungan (juga masuk dlm strategi dari bauran pemasaran):
- Berorientasi pada pelanggan.
- Kualitas
- Kenyamanan
- Inovasi
- Kecepatan ( penempatan produk & respon keinginan consumer)
- Pelayanan & kepuasan pelanggan.
PRODUK
Produk memiliki siklus hidup yang terdiri dari tahap
pengembangan, pengenalan, pertumbuhan, penjualan, kematangan, kejenuhan dan
penurunan.
HARGA
Factor-faktor yang harus dipertimbangkan antara lain ;
- Biaya barang dan jasa
- Permintaan & penawaran pasar
- Antisipasi volume pasar
- Harga pesaing
- Kondisi keuangan
- Lokasi usaha
- Fluktuasi musiman
- Faktor psikologis pelanggan
- Bunga kredit dan bentuk kredit
- Sensitivitas harga pelanggan (elastisitas permintaan)
STRATEGI PEMASARAN (BAGI USAHA BARU)
- Penetrasi pasar, dengan memperbesar volume penjualan dan periklanan
- Pengembangan pasar, peningkatan penjualan dengan pengenalan produk pada pasar baru.
- Pengembangan produk, modifikasi produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan.
- Segmentasi pasar, pemasaran produk berdasarkan segmennya.
TEKNIK PENENTUAN HARGA
Produk baru, bertujuan untuk :
- Menghasilkan produk yang dapat diterima oleh konsumen potensial, tidak peduli berapa banyaknya.
- Memelihara pangsa pasar sebagai akibat tumbuhnya persaingan.
- Memperoleh laba.
Untuk barang konsumsi :
- Harga dibawah pasar untuk produk yang sama
- Harga di atas harga pasar
- Harga sama dengan harga pasar.
Untuk barang industri:
- Strategi Cost-Plus Pricing
Dengan menambahkan margin laba terhadap
biaya-biaya langsung.
- Biaya langsung & formulasi harga
Tidak termasuk biaya overhead pabrik
- Penentuan Harga jual model pulang pokok
Dengan menghitung besar persentasi
tertentu dari total penjualan yang digunakan untuk biaya variable.
- Untuk jasa
Menentukan harga berdasarkan
material yang digunakan untuk menyediakan jasa, tenaga kerja dan untuk
memperoleh laba.
PROMOSI
Bertujuan :
- Menginformasikan barang/jasa yang dihasilkan pada konsumen
- Membujuk konsumen agar mau membeli barang/ jasa yang dihasilkan.
- Mempengaruhi konsumen agar tertarik terhadap barang/ jasa yang kita hasilkan.
Beberapa jenis promosi ;
- Iklan (media cetak & elektronik)
- Promosi penjualan (pameran)
- Wiraniaga (dengan produk sampel ke konsumen)
- Pemasaran langsung (langsung menghubungi konsumen)
- Humas ( mempublikasikan barang melalui pamflet dsb)
KIAT PEMASARAN USAHA BARU
- Peluang Pasar
- Barang dan jasa apa yang paling dibutuhkan konsumen?
- Berapa banyak yang mereka butuhkan?
- Kualitas mana yang paling tepat?
- Berapa banyaknya?
- Tempat yang tepat
- Banyak barang yang dibutuhkan
- Target yang hendak dicapai
TEKNIK
PENGEMBANGAN USAHA
- Pengembangan skala ekonomis
Dengan menambah skala produksi,
tenaga kerja, teknologi, system distribusi, dan tempat usaha.
- Perluasan Cakupan Usaha
Dengan menambah jenis usaha baru,
produk dan jasa baru yang sekarang diproduksi (diversifikasi), serta teknologi
yang berbeda.
MANAJEMEN DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Manajemen kewirausahaan semua kekuatan perusahaan yang
menjamin bahwa usahanya betul-betul eksis.
Strategi kewirausahaan Kesesuaian kemampuan internal
dan aktivitas perusahaan dengan lingkungan eksternal.
Strategi kewirausahaan, meliputi beberapa keputusan
strategis, yaitu :
- Perubahan produk barang dan jasa.
- Strategi menyangkut penetrasi pasar, ekspansi pasar, diversifikasi produk dan jasa, integrasi regional, atau ekspansi usaha.
- Kemampuan untuk memperoleh modal investasi .
- Analisa sumber daya manusia.
- Analisa pesaing untuk memantapkan strategi bersaing.
- Kemampuan menopang keunggulan strategi perusahaan dan modifikasi strategi.
- Penentuan harga barang atau jasa, untuk jangka pendek dan jangka panjang.
- Interaksi perusahaan dengan masyarakat luas.
- Pengaruh pertumbuhan perusahaan yang cepat terhadap aliran kas.
Wirausaha yang berfungsi sebagai
manajer perusahaan, harus memiliki kompetensi yaitu :
- Berfokus pada pasar bukan pada teknologi.
- Meramal pendanaan untuk menghindari tidak terdanainya perusahaan.
- Mambangun tim manajemen.
- Memberikan peran khusus bagi penemu.
AYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI
BalasHapusHUBUNGI KONTAK Kami
BBM : D8E23B5C
WHAT APPS : +85581569708
LINE : togelpelangi
WE CHAT : togelpelangi
LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET
Ayo coba keberuntungan anda
jutaan rupiah menunggu anda
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.