Minggu, 08 Januari 2012

MIRA ANDELIA (14211495) 1EA08 TUGAS IBD BAB 11 MANUSIA DAN HARAPAN

MANUSIA DAN HARAPAN

Setiap manusia pasti memiliki harapan besar dalam hidupnya, namun tergadang mereka sering menganggap harapan merupakan suatu impian, tetapi sesungguhnya harapan itu adalah suatu keinginan atau cita-cita yang akan memacu seseorang utuk mencapai tujuan atau harapan dalam hidupnya. Jika seseorang sudah tidak memiliki harapan berati mereka sudah mati dalam hidupnya, bahkan orang yang sudah meninggal pun masih memiliki harapan dalam hidupnya.
Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing – masing. Misalnya, Budi hanya mampu membeli sepeda, biasanya tidak mempunyai harapan untuk membeli mobil. Seorang yang mempunyai harapan yang berlebihan terkadang akan berakibat menjadi tertawaan orang banyak seperti pribahasa “Si pungguk merindukan bulan”, walaupun tidak ada yang tidak mungkin didunia ini bila Tuhan berkehandak.
Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan dapat terwujud, maka diperlukan usaha dengan sungguh – sungguh, berdoa dan pada akhirnya bertawakal agar harapan itu dapat terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar